Resep Cara Mudah Membuat Kue Bakpao Yang Enak

Bakpao merupakan salah satu makanan khas tradisional Tionghoa. Masyarakat Indonesia mengenal sebutan bakpau karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan oleh mayoritas orang Tionghoa itu sendiri. Secara etimoligi, Pao artinya "bungkusan", dan Bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti "bungkusan (berisi) daging". Bakpao dalam bahasa Hakka/Khek yaitu "Nyukppao/Yugppao" yang mempunyai persamaan arti yaitu "Daging Berbungkus". 

Bakpao sendiri secara harfiah adalah baozi yang berisi daging. Pada awalnya, berdasarkan kesejarahan bahwa daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi baozi sendiri dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. Bakpao yang berisi daging ayam dinamakan kehpao.

Pada kesempatan ini, saya akan berbagi mengenai resep cara mudah membuat kue bakpau yang enak dan tentunya halal 100%. Mari persiapkan bahan-bahannya sebagai berikut :

> 4 ons tepung terigu
> 1 sendok makan mentega
> 1 butir putih telur
> 3 sendok teh gist (pengembang roti)
> 2 sendok teh garam
> 190 cc air hangat
> air santan secukupnya
> 2 sendok teh gula pasir
Resep Cara Mudah Membuat Kue Bakpau Yang Enak
Kue Bakpao

Cara membuatnya :
  1. Campurkan bahan-bahan seperti; gist, putih telur, gula dan garam (kocok hingga benar-benar rata), kemudian beri air hangat dan tepung terigu lalu diaduk sampai rata. Sambil diaduk beri sedikit air santan (jangan sampai encer).
  2. Aduk kuat-kuat hingga tidak ada lekat di adonan, kemudian masukkan dalam loyang dan tutupi dengan kain basah, jemur sampai naik.
  3. Sementara dijemur, buatlah adonan untuk isinya menurut selera Anda (bisa dengan daging ayam, telur rebus, daging sapi, abon, selai dan lainnya).
  4. Kalau adonan sudah naik,  cetaklah bulat-bulat dan masukkan isinya (menurut selera Anda), lalu diamkan sebentar hingga adonan naik, kemudian dikukus. Setelah matang bisa dilumuri mentega untuk mendapatkan cira rasa yang sempurna.
Sangat mudah bukan? Untuk dapat berlangganan berbagai aneka resep makanan dan minuman dalam situs ini, silahkan follow akun twitter Anda di @kochenweise atau klik SUBSCRIBE dalam Kochenweise di situs Youtube Anda.

Selamat mencoba, semoga berguna dan bermanfaat bagi Anda sekalian.

0 comments:

Post a Comment