Cara Mudah Membuat Kue Speculaas

Untuk semua teman dan sahabatku, saya akan memberikan sedikit resep rahasia dan sederhana yaitu cara mudah membuat kue speculaas. Resep ini saya dapatkan dari pengalaman perjalanan saya sewaktu mengemban tugas pendidikan di German. Kue speculaas ini baik juga apabila diberikan pada anak-anak kita, sebagai pengganti cemilan mereka dibandingkan dengan snack (ciki atau sejenisnya).

Mari persiapkan bahan-bahan utamanya seperti :
> 200 gr tepung terigu.
> 125 gr gula jawa (gula asli), diiris halus.
> 25 gr gula halus.
> 150 gr margarine.
> 1 sendok makan coklat bubuk.
> 2 sendok makan susu cair.
Cara Mudah Membuat Kue Speculaas
Kue Speculaas
Cara membuatnya :
  1. Campurkan semua bahan kecuali susu dalam mangkuk, kemudian campuran ini diaduk dengan pisau hingga adonan kelihatan berbutir-butir.
  2. Setelah itu, masukkan susu, uleni sampai menjadi adonan yang dapat dipulung.
  3. Masukkan adonan dalam cetakan speculaas yang sudah ditaburi terigu (dengan cara ditekan-tekan sampai adonan terasa agak padat).
  4. Bersihkan atasnya supaya terasa licin dengan pisau, setelah itu ketok adonan dari cetakan, taruh diatas loyang yang sudah diolesi margarine sebelumnya dan ditaburi sedikit terigu.
  5. Kerjakan terus sampai adonan selesai dicetak.
  6. Panggang dalam oven dengan intensitas suhu sedang (kira-kira 180'C) hingga matang, selama kurang lebih 15-20 menit lamanya.
NB : Cetakan speculaas dapat dibeli di pasar-pasar terdekat atau toko-toko yang menjual barang-barang kelontongan.

Semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda sekalian, selamat mencoba.

Untuk dapat berlangganan berbagai aneka resep makanan dan minuman dalam situs ini, silahkan follow akun twitter Anda di @kuchenweise

0 comments:

Post a Comment